Melatih Kemandirian si Kecil (eps. makan -mempersiapkan sarapan-)

Bismillah...

Alhamdulillah... si kakak sejak sudah mulai belajar makan sendiri waktu makannya lebih menyenangkan, lebih cepat habis, jadi doyan makan (sedikit2 minta makan) dan yang penting saya tidak stress dan teriak2 saat makan seperti dulu karena suka diemut lama jadi emaknya kurang sabar (maafkan ummah ya nak.. T.T).

Ternyata memang suasana makan yang menyenangkan membuat anak lebih lahap dan semangat makan. terlebih lagi kali ini, saya percayakan si kakak untuk membuat sarapan rotinya sendiri. biasanya saya sangat ketat dalam urusan berantakan, saya paling tidak suka lihat sesuatu berantakan, makanya selama ini makanan selalu saya siapkan dan suapi anak2. nah, di tantangan kemandirian ini, saya harus ngerem sedikit soal berantakan itu, saya berusaha sedikit merelakan sofa atau karpet kena tumpahan susu atau makanan. Alhamdulillah, karena, saya lihat kemajuan si kakak sejak saya latih makan sendiri beberapa hari ini, pagi ini saya beri tugas dia menyiapkan sarapan rotinya sendiri.

Awalnya saya yang dag dig dug dan ragu memberikan selembar roti beserta susu kental manis ke tangannnya. sambil berdoa, mudah2an ga tumpah2 ke sofa susunya (he3, lebay...) Alhamdulillah, ternyata karena si kakak diberi tanggungjawab ternyata dia hati2 sekali menuangkan susu kental manis coklat ke rotinya. jadi, sama sekali tidak tumpah ke sofa... dan, si kakak senang dan lahap makannya karena dia sendiri yang menyiapkan sarapannya kali ini... Alhamdulillah... Good job...

#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO