komunikasi antar balita

bismillah..

sebenarnya komunikasi itu bisa dilakukan walaupun masing2 tidak mengerti arti dari bahasa yang digunakan, karena yang paling penting dari suatu komunikasi adalah tujuan yang tercapai. seperti yang pernah diceritakan oleh ibu saya ketika dulu berangkat haji. walaupun sama2 tidak mengerti bahasanya antara ibu tidak mengerti bahasa arab dan penjual tidak mengerti bahasa indonesia, ibu berkata bahwa jual beli menggunakan bahasa 'tarzan' tapi masih bisa tawar menawar dan jual beli.

nah, itu cerita ibu saya dulu dan saya hanya tertawa2 mendengarnya. ternyata setelah memiliki 2 orang anak balita, si kakak sekarang usia 3,5 tahun dan si adik usia 10 bulan saya sering terkejut melihat lucunya 'komunikasi' antara mereka berdua. walaupun si kakak belum terlalu jelas bicaranya (agak cadel) dan si adik belum bisa bicara akan tetapi melihat solusi permasalahan yang mereka selesaikan sendiri membuat saya sadar dan banyak belajar dari mereka karena terkadang saya merasa pola 'komunikasi' di antara mereka lebih baik dari kami para orang tua.

kemarin, si kakak sedang asyik menggambar dengan papan tulis kecilnya menggunakan spidol, tiba2 si adik dengan laju merangkak menghampiri ingin merebut spidol kakak dan ikut berpartisipasi menggambar. awalnya saya ingin interfensi sebelum terjadi keributan, biasanya si kakak akan mendorong adiknya dan adik menangis. tapi, saya terkejut karena tiba2 si kakak mengambil pensil warna yang lain serta kertas dan diberikan kpd adiknya, 'nih dek'... katanya. mungkin hanya sederhana pola komunikasinya tp masalah terselesaikan berarti tujuan komunikasinya tercapai dan si adiknya pun asyik sibuk dg kertas dan pensilnya.


saya merenung dan berfikir melihat mereka berdua yg sdg asyik dgn alat tulisnya masing2 betapa kami, orang tuanya sering tidak menyelesaikan masalah dengan komunikasi yg baik. mungkin kami banyak berkata2 tapi justru masalah kami tidak selesai bahkan menguap mjd masalah baru atau berakhir dg kemarahan. betapa, makhluk2 kecil ini membuat kami sebagai orang tua harus banyak belajar dari mereka dan untuk mereka.





#hari7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip



Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO