Melatih Kemandirian si Kecil (Eps. Makan)

Bismillah...

Melatih kemandirian si kecil bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. sehingga si kecil tidak terkesan terpaksa dalam melakukan tugas2 sehari2 mereka. biasanya anak balita sering kali kita lihat berlari2 sambil disuapi atau digendong2 keliling kampung sambil disuapi. yang penting makanan yang disediakan di piring atau mangkuk mereka habis tak bersisa bahkan terkadang memakai metode pemaksaan. nah, si sulung termasuk anak yagn lumayan susah makan, makanannya sering diemut lama sekali baru habis. sering membuat suasana makan di rumah menjadi suasana yang tegang, karena lama makannya akhirnya saya mulai tidak sabar, Astaghfirullah...

tantangan melatih kemandirian anak kali ini, saya memilih untuk memulai dengan konsisten mengajari duo balita, si kakak 3,5 th dan si adik 11 bln untuk makan sendiri, duduk di kursinya masing2. walaupun terkadang untuk makanan si adik yang kadang masih berupa bubur masih sering saya bantu suapi. untuk hari perdana, saya mengkondisikan agar anak2 makan duduk dekat dengan kami. jadi, agar mereka tidak berlari2 kesana kemari, si kakak saya dudukkan di kursi dan meja yang biasa untuk menggambar, dan si adik saya dudukkan di kursi makan portable bekas si kakak kecil dulu. 

Bismillah, untuk percobaan pertama agar mudah dan tidak terlalu berantakan (he3, emaknya ini masih kurang terima kalau rumahnya terlalu berantakan) maka mereka saya beri makan roti. untuk si kakak sudah bisa diberikan roti utuh sedangkan untuk si adik rotinya saya potong kecil2 agar bisa dijumput tangan mungilnya. Alhamdulillah, kedua balita itu menikmati acara makannya dan makanan habis dengan cepat. hanya, si kakak satu dua kali turun dari kursi dan saya berkata, 'ayo kakak, kata Rasulullah makan harus duduk. tolong kakak duduk dan habiskan makanannya, kalau sudah habis makannya baru kakak bisa bermain lagi.' sambil saya menunjukkan tempat duduknya dan dia kembali duduk.







#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO