MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

alhamdulillah... bayiku sdh ASI aksklusif 6 bln terus kasih makan apa ya? sebelum bayi usia 6 bln pun sy yakin ibu2 terutama yg bayi pertama pasti udah hunting2 peralatan perang MPASI dan googling menu2 MPASI... bagi yg mampu okelah punya peralatan perang MPASI yg lengkap, tapi macam food processor dan slow cooker kan bukan harga yg murah dan dapat dijangkau semua kalangan. nah, ternyata kebanyakan ibu disibukkan dengan mencari peralatan MPASI dan menu2nya tapi ternyata minim pengetahuan... hasilnya BB anak terjun bebas, anak menyembur makanan, sembelit atau malah diare.

untuk panduan WHO ternyata kita tidak dibekali dengan menu2 atau pun harus punya alat ini itu. justru peralatan perang kita semua sudah tersedia di dapur loh, dan menu ternyata WHO justru menyarankan menu keluarga, sesuai budaya, kebiasaan dan keberadaan bahan di masing2 tempat.

pertama dibahasan ini saya akan mulai dengan menu usia 6 bulan dulu yah... in sya Allah selanjutnya akan berlanjut sesuai usia bayi. pada saat bayi berusia 180 hari, dia sudah siap dan mulai kita perkenalkan dengan makanan padat pertamanya. untuk usia 6 bulan makanan yang kita buat adalah MAKANAN LUMAT dan untuk 2 minggu pertama kita perkenalkan MENU TUNGGAL. ini membantu bayi mengenal macam2 rasa makanan dan memenuhi kebutuhan zat gizinya secara lengkap karena dalam menu tunggal akan bergantian diberikan karbohidrat, protein, lemak dan serat. jumlah setiap pmberian 2 sendok makan dan diberikan 2 kali pagi sebelum jam 9 dan sore usahakan terakhir 2 jam sebelum tidur.


selain itu berikan tambahan lemak pada setiap menu. sumber lemak boleh minyak goreng (baru bukan bekas pakai), minyak zaitun, minyak canola, butter tanpa garam (unsalted), dll. ini untuk memenuhi kebutuhan bayi yg tinggi terhadap lemak dan memudahkan bayi menelan makanannya.


menunya bebas tergantung ketersediaan bahan di tempat tinggal masing2 hanya saja kita tidak boleh memberikan makanan yang terlalu berserat secara berturutan karena dapat menyebabkan sembelit. jenis bahan makanan yang berserat tinggi dan tidak boleh diberikan berurutan adalah:
pepaya
wortel
mangga
pisang
buncis
apel
jagung
tempe
kangkung
bayam
kentang
singkong
ubi
brokoli
beras merah
sawi
labu kuning
bahan2 tersebut tetap harus diberikan dan diperkenalkan hanya saja jangan diberikan berurutan karena pencernaan bayi yang belum sempurna membuat serat yg terlalu sering malah membuat sulit BAB. buatlah catatan menu untuk 2 minggu pertama pengenalan ini. dan beri catatan untuk reaksi setiap pemberian makan apakah ada reaksi alergi, muntah, catat bila ada perubahan pola BAB.

contoh menu pengenalan:
hari ke- pagi sore
1 beras putih labu kuning
2 kuning telur jagung manis
3 tahu putih brokoli
4 ikan bawal kentang
5 labu siam wortel
dst.
untuk pembuatannya pun tidak diperlukan alat khusus. bila memang membeli khusus untuk bayi ya boleh2 saja sesuai kemampuan. untuk membuat makanan lumat ini kuncinya kekentalannya tidak terlalu encer. jika sendok dibalik makanan meluncur lambat, tidak terlalu cepat.


cara pembuatan makanan lumat dari nasi:
nasi putih yg telah matang (dari rice cooker) diambil 1 bagian ditambah 1 bagian air dimasak diatas api kecil. boleh ditambahkan daun salam atau sereh atau bawang agar harum dan menambah selera makan bayi. setelah dimasak sampai air berkurang tinggal sedikit, saring atau ulek nasi sampai lumat. tambahkan lemak tambahan misal minyak makan 1-2 sdt. aduk rata siap diberikan pada bayi.


pantau dan catat reaksi setiap pemberian, menu mana yang bayi suka dan tidak suka, adakah reaksi alergi, perubahan pola BAB dan perubahan berat badan bayi untuk menilai keberhasilan pola pemberian MPASI kita.
selamat mencoba
semangat homemade MPASI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Panduan MPASI Anak Menurut WHO