main di taman yuk...

bismillah...

Alhamdulillah, saya tinggal di lingkungan yang asri, dekat hutan dan sepi sekali. lingkungan kompleks yang notabene setiap harinya orang2 beraktivitas di rumah masing2. Anak2 saya jarang bermain bersama teman2 diluar rumah. maka dari itu, saya ingin membuat suasana lebih ramai dengan mengajak anak2 saya bermain di lapangan dekat kompleks kami tinggal.

Awalnya saya agak ragu apa bisa ya? saya yang besar di kota ini dan juga anak rumahan memulai permainan bersama anak2 kompleks membutuhkan keberanian diri sendiri. dari rumah saya siapkan bahan2 sederhana beberapa botol bekas yang sudah dipotong dan ditutupi kaos kaki diikat karet serta sabun cuci piring dan bbrp cat warna serta kertas. 

Ketika saya turun ke lapangan ternyata ada anak2 sedang bermain bola bersama. saya bingung bagaimana memulainya, akhirnya saya bermain busa dengan anak saya sambil berkata kepada mereka, 'ayo, ini main sini sama2' akan tetapi, mereka masih malu dan ragu mendatangi saya dan anak saya. tapi, mereka berhenti main bola sambil mulai berkelilingi mengerumuni kami. saya minta anak saya untuk memberikan botol2 itu kepada anak2 yang berkumpul. Alhamdulillah, lama2 mereka mau dan akhirnya asyik bermain busa bersama.

setelah melihat respon saya kepada mereka, akhirnya mereka malah banyak bertanya kepada saya, 'busanya bagus ringan kayak kapas, bagaimana cara buat botol ini tante?' adalagi yang bertanya, 'sabunnya ini sabun apa tante?' adalagi yang bertanya, 'kalau pakai kain biasa tidak pakai handuk atau kaos kaki bisa ga tante?' dan setiap pertanyaan saya jawab dengan sabar, Alhamdulillah, mereka jadi senang dan tiba2 akrab mengobrol dengan saya.

terkadang, kita memikirkan hal2 yang sulit untuk memulai suatu komunikasi dengan orang lain, ternyata dengan cara2 sederhana dan menyenangkan terutama untuk anak2 sangat mudah memulai komunikasi dengan mereka...

#hari9
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO