aliran rasa 'melatih kemandirian'

Bismillah... Alhamdulillah bini'mati tatimmussholihaat...

setelah 10 hari menulis dan melatih konsistensi kemandirian anak, tiba2 kami harus kembali safar melakukan perjalanan ke Makassar. Ma syaa Allah, betapa bersyukurnya saya telah bersusah dan lelah belajar melatih kemandirian anak2 dan 2 pekan lebih ini karena manfaatnya cukup terlihat di perjalanan kali ini.


Kakak Aisyah begitu banyak kemajuan kemandiriannya, mulai bisa dan mau sedikit berbagi, menyuapi adiknya saat perjalanan, Alhamdulillah, saya merasa tidak terlalu repot walaupun seharian kami hanya tinggal di kamar hotel sementara abbanya kursus dari pagi hingga sore. Begitu pula si kecilyang sedang asyik melatih berjalan kesana kemari, Alhamdulillah sdh ada kemajuan sampai 5 langkah dibanding 2 pekan lalu yg baru 1 smp 2 langkah.

Walaupun begitu tetap saja ada masa ketika mereka rewel bersamaan karena baru kali ini kami melakukan penerbangan di malam hari, akan tetapi, saya lebih bs menghadapinya dg lebih sabar dan hanya sebagian kecil saja mereka rewel karena mengantuk, selebihnya Alhamdulillah begitu banyak perkembangan kemandirian anak2 dan juga SAYA...

saya sangat merasakan bahwa untuk melatih kemandirian anak tentu saja kita sebagai orang tua yg menjadi role model bagi mereka adalah yg pertama kali harus berubah, berani melatih kemandirian... Tentunya tidak hanya akan sampai disini akan tetapi tetap senantiasa harus belajar agar bisa menjadi contoh yg baik bagi anak2.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO