aisyah anak rapi

Bismillah...

Alhamdulillah, setelah kemarin sy sempat marah dengan Aisyah, hari ini Aisyah menjadi anak yang begitu manis. benarlah setelah hujan pasti ada pelangi. maafkan ummah ya anakku... Sebelumnya, saya dan kakak Aisyah punya kesepakatan bahwa apabila kakak yang membuat mainan dan buku2 berserakan maka dia sendirilah yang harus merapikan, sedangkan bila yang membuat berserakan adalah adiknya yang baru berusia 10 bulan, maka sayalah yang harus membereskan. 

Nah, kebetulan kemarin adiknya membuat buku2 berserakan, sedangkan sebentar lagi abbanya pulang dari kerja. kami juga punya kesepakatan bila abbanya pulang kerja rumah sudah dalam keadaan rapi karena kasian abbanya kalau sudah pulang kerja dan capek lalu melihat rumah dalam keadaan beranatakan, dan Alhamdulillah selama ini Aisyah mengerti tentang kesepakatan kami tersebut. bila ingin bermain yang membuat barang2 berserakan maka akan dilakukan ketika abbanya bekerja dan merapikan rumah kembali ketika abbanya akan pulang.

setelah membuat buku2 berserakan ternyata si adik mengantuk dan akhirnya saya harus menyusui adiknya sementara rumah masih berantakan dan abbanya sudah akan pulang. lalu, saya berkata pada Aisyah, 'kakak, sayang ummah dan abba kan? mau tolong ummah? ummah minta tolong buku2 yang berserakan dibereskan sebentar lagi abba pulang kasihan kalau rumah berantakan. Aisyah kan anak pintar, anak rapi dan sholehah mau bantu ummah.' awalnya saya pikir dia akan cuek, ternyata Alhamdulillah dengan cepat dia menjawab, 'iya ummah' lalu membereskan buku2 yang berserakan. Ma syaa Allah, nak. 

Walaupun terkadang sulit melakukan komunikasi yang efektif terhadap anak usia 3,5 tahun seperti Aisyah, ternyata ketika kita membahasakan dengan tulus dan penuh cinta in syaa Allah anak akan mengerti. Alhamdulillah...






#hari4
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO