Mengenal Gaya Belajar Anak 5

Bismillah..

Alhamdulillah, ahad kemarin kakak mengikuti lomba mewarnai. Lomba? masih belum 4 tahun kok sudah diikuti lomba siy? hmm... sebenarnya saya bukan ingin mengikuti kakak sebuah perlombaan, saya berprinsip dalam pengasuhan selama tidak ada larangan yang syar'i dalam Al Qur'an ataupun hadits, silakan saja mempraktekkan cara pengasuhan yang cocok bagi setiap anak, karena tiap anak itu unik, setiap keluarga itu unik.

sepekan sebelumnya tanpa sengaja kakak melihat iklan lomba mewarnai itu dan dia bertanya. setelah saya jelaskan secara singkat, kakak berkata bahwa ia ingin ikut perlombaan itu. that's the point.... saya ingin berbelanja pengalaman untuknya, bukan memaksanya ikut berlomba. karena ia mungkin belum mengerti dan paham seperti apa lomba mewarnai itu, kakak penasaran. dan menurut saya ini adalah momen penting untuk kakak belajar.

Pada saat lomba mewarnai dimulai seperti biasa, si kakak yang memang condong ke gaya belajar kinestetik-auditorik selalu menoleh ke kiri dan ke kanan dibandingkan tekun mewarnai. apalagi tempat yang ramai dan banyak anak yang mengikuti lomba masih berusia di bawah 4 tahun jadilah ada yang menangis, merengkek bahkan nge-dot dulu, hehehe.... 

Satu lagi yang ingin saya terapkan pada kakak di momen lomba mewarnai ini adalah, konsisten dan bertanggung jawab. saya bukan fokus untuk hasil atau kemenangan sama sekali tidak. sekali lagi ajang ini untuk belanja pengalaman. ketika hampir selesai, tinggal sedikit saja bagian yang belum diwarnai kakak mulai bosan dan hampir menyerah, tapi saya tetap semangati. kakak bisa menyelesaikan nak, kakak kan yang minta ikut lomba, berarti kakak harus bertanggung jawab dan konsisten ya nak, selesaikan dulu. ummah tidak menuntut hasil, engkau sudah juara di mata kami.

Alhamdulillah, kakak selesai mewarnai. dan, gayanya yang kinestetik auditorik pula membuat imajinasinya begitu tinggi, pohon2 diwarnai ungu, batangnya biru. hehehe...


#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP
Foto Muthi Masfuah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO