mengenali gaya belajar anak 1

Bismillah...

*📖 Gaya belajar anak 📖*
Setiap anak itu cerdas. Hanya saja kemampuan anak untuk mengerti hal yang berbeda tergantung pada gaya belajar anak. Bisa dominan hanya pada 1 gaya belajar saja, namun bisa juga gabungan dari beberapa gaya belajar dengan urutan belajar yang berbeda.
Dengan mengetahui gaya belajarnya anak akan lebih mudah mempelajari sesuatu.
inilah tantangan kuliah bunda sayang selanjutnya, yaitu mengamati cara belajar anak.

Mempelajari dan mengamati gaya belajar anak agar kita dapat memberikan cara mengajar yang pas dan cocok ternyata tidaklah mudah. butuh konsistensi untuk melihat gaya belajar anak terutama untuk balita. memang untuk balita masih bisa kita lakukan semua jenis pendekatan untuk gaya belajar baik auditori, visual maupun kinestetik.

karena kedua bocah saya masih balita, jadi memang gaya belajar mereka masih campuran. hanya saja untuk si kakak yang sudah berusia hampir 4 tahun mulai tampak kecenderungan ke arah gaya belajar kinestetiknya... kebetulan saya baru membeli buku, 1 buku untuk si kakak dan 1 buku untuk saya. dan karena, buku yang saya beli tentang parenting, didalamnya juga ternyata dijelaskan tentang cara memahami gaya belajar anak. sedangkan buku si kakak kebetulan pula ada hadiah stiker di dalamnya. dibanding membaca buku atau melihat gambar yang berwarna warni di dalam buku ternyata si kakak lebih memilih membuka dan menempel stiker dihalaman yang dipilihnya sendiri. dan setelah stiker habis tertempel, bukunya ditinggal begitu saja dan dia lanjut bermain lompat kesana dan kemari.



nah, untuk  memudahkan mencari gaya belajar yg pas bisa dilihat dr tabel di bawah ini:
dari ciri2 si kakak kebanyakan mengarah ke kinestetik. walau ada bbrp yg auditori. si kakak sangat lincah tdk bisa diam dan suka menggerakkan tangan bila mengisyaratkan sesuatu. 

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO