PromoASI: manfaat ASI

ASI adalah ungkapan kasih sayang Allah sekaligus anugerah yan luar biasa terhadap setiap bayi yang terlahir ke muka bumi. Di dalam Al Qur'an terdapat ayat tentang ASI:
“Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma’ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan” (Al-Baqarah [2]: 233)

Sering kita memilih suatu barang atau mengkonsumsi sesuatu karena tergiur melihat promosi dari iklan2 yg berseliweran di dunia maya maupun televisi. Mungkin itu jg ya yg menyebabkan tingkat pemberian sufor sangat tinggi. Kl sy perhatikan dari iklan tv saja pasti ada minimal 1 iklan sufor dr setiap selingan antar acara, begitu pula di sosmed baru buka facebook pasti ada iklan sufor yg sdh duduk manis disitu.
Nah... kenapa ga kita promoASI jg ya. Minim biar berimbang lah... ibarat kado yg dibungkus dan dikemas menarik walaupun minimal isinya sama pasti orang memilih kemasan yg lbh menarik. Lha ini ASI loh.. yg manfaat dan isinya jauuuuh lbh banyak dibanding sufor, karena kurangnya 'kemasannya' jadi mungkin ada sj yg mengira sufor lbh baik.

Iya.. iya.. sudah tau ASI banyak manfaatnya. Kadang kalau kita hanya mengatakan ayo kasih ASI donk kan banyak manfaatnya, jawabannya spt itu. Tahu belum tentu berarti paham dan mengerti loh ya. Coba kl kita tanya balik apa manfaatnya ASI mungkin dia akan kebingungan.
Mari kita bahas kali ini manfaat ASI ya moms.. ternyata banyak sekali manfaatnya. Mungkin sy tdk bs jelaskan semuanya sangking banyaknya. Minimal sy akan bahas yg penting2 deh, biar ibu2 pd tergiur memberikan ASI utk si buah hati, he2...

Manfaat untuk ibu:
1. Mengurangi resiko perdarahan pasca persalinan
Kok bisa? Ya, pd saat ibu menyusui, bayi menghisap payudara ibu sehingga merangsang pengeluaran hormon oksitosin yg membuat kontraksi pd rahim dan mengembalikan ukuran rahim mengerut kembali normal. Nah.. kontraksi rahim ini mengurangi resiko perdarahan pd ibu setelah melahirkan
2. Sebagai KB alami
Terkadang ibu takut langsung KB setelah melahirkan. Langsung menyusui saja anda bisa KB alami namanya MAL atau Metode Amenorea Laktasi. Syaratnya inisiasi menyusu dini dan ASI EKSKLUSIF 6 BLN dan ibu belum haidh lg pasca nifas. jika menyusui, seringkali Anda menjadi tidak haid karena hormon laktasi atau prolaktin-kadar prolaktin tetap tinggi. Hormon prolaktin akan menekan kadar hormon estrogen yang fungsinya mematangkan sel telur. Jika sel telur tidak matang, maka tidak akan terjadi pembuahan. Dengan demikian, tidak akan terjadi kehamilan.
3. Menstabilkan tekanan darah pd ibu yg memiliki tekanan darah tinggi saat hamil
Pd ibu tertentu ada kondisi yg disebut preeklampsi atau tekanan darah meningkat saat hamil. Nah, memberikan ASI pd bayi dapat menurunkan tekanan darah ibu menuju kondisi stabil. Biasanya ibu diberi obat yg disebut diuretik utk menurunkan tekanan darah. Obat ini mengeluarkan cairan tubuh melalui BAK atau kencing sedangkan pd ibu menyusui cairan tubuh jg banyak keluar melalui ASI

4. Menurunkan berat badan ibu pasca melahirkan
Menyusui membutuhkan pengeluaran energi yg cukup besar. Sebagian besar energi dr karbohidrat dan protein yg ibu konsumsi akan dibentuk menjadi ASI. bila konsumsi ibu kurang mk ASI akan dibentuk melalui cadangan energi dan lemak ibu. Jd jangan galau diet setelah melahirkan. Tetap enjoy menyusui in syaa Allah berat ibu akan stabil dg makan yg seimbang
5. Lebih ekonomis
Karena semua kandungan yg ada di sufor itu meniru ASI jd pastilah kandungan ASI jauh lebih baik dr sufor. Sedangkan sufor berharga tinggi karena utk MENIRU komposisi ASI, sufor perlu teknologi tinggi utk menambahkan berbagai zat tambahan yg membuat harganya semakin mahal.

Manfaat utk bayi:
1. IMD /inisiasi menyusu dini mengurangi hipotermi dan memperkuat ikatan ibu an bayi
Hipotermi atau penurunan suhu tubuh yg sangat bs berakibat fatal bagi bayi terutama pd bayi yg lahir prematur atau berat lahirnya rendah. Dengan IMD lagsung kontak kulit dg ibu bs menstabilkan suhu tubuh bayi
2. ASI meningkatkan daya tahan atau imunitas bayi
Inilah yg paling sulit ditiru oleh sufor. Utk kandungan nutrisi bisa saja sufor meniru ASI. Tapi pd ASI ada antibodi utk bayi yg memperkuat daya tahan tubuhnya. Selain itu bila menyusu langsung ternyata ada lactobacillus yg terdapat pd areola ibu sebagai flora normal di kulit ibu yg ikut tertelan pd saat bayi menyusui sehingga masuk keusus bayi mejadi flora normal usus bayi yg baik utk pencernaan bayi
3. Kaya kandungan zat gizi lengkap
ASI memiliki kandungan zat gizi paling lengkap utk bayi. Kandungan nutrisinya yang unik menyebabkan ASI memiliki keunggulan yang tidak akan dimiliki oleh jenis susu formula apapun. Ini beberapa di antaranya:
Immunoglobulin A (IgA) yang banyak terdapat pada kolostrum yakni ASI berwana kekuningan yang keluar pertama dari payudara. Zat ini melindungi bayi dari serangan infeksi. IgA melapisi saluran cerna agar kuman tidak dapat masuk ke dalam aliran darah dan akan melindungi bayi hingga sistem kekebalan tubuhnya berfungsi dengan baik.
Ganfliosida (GA) yang berperan dalam pembentukan memori dan fungsi otak besar serta sebagai alat konektivitas sel otak bayi. GA sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Ketika lahir, bayi memiliki 100 miliar sel otak yang belum terhubung dan GA diperlukan untuk menghubungkan sel-sel otak tersebut
Protein yang disebut protein kasein dan whey. Protein yang terdapat dalam ASI ini bersifat lebih mudah dicerna oleh tubuh bayi, dibandingkan dengan protein yang berasal dari susu mamalia lainnya.
Lemak ASI terdiri dari beberapa jenis namun yang paling esensial adalah asam lemak yang merupakan komponen dari semua jaringan tubuh dan diperlukan untuk perkembangan jaringan sel, otak, retina dan susunan saraf. ASI mengandung asam lemak tidak jenuh ganda berantai panjang (long-chain polyunsanturated fatty acid atau LC-PUFA) yang terdiri dari DHA (docosahexaneoic acid atau asam dokosaheksaenoat), LA ( linoleic acid atau asam linoleat), ALA (alfa linoleic atau asam alfa linoleat) dan AA (arachidonic acid atau asam arakidonat).

Masih banyaaaak lg manfaat ASI ya moms setidaknya artikel ini bs membuka wawasan ttg manfaat ASI semoga bermanfaat
Saat bayi lahir ada tiga haknya yang harus dipenuhi: mendapat dekapan hangat anda sebagai ibunya, makanan dari menyusui, dan rasa aman bahwa ibunya cukup pengetahuan akan kehadirannya di dunia. Dan ASI memenuhi ketiga-tiganya.” Begitu yang dikatakan oleh Dr. Grantly Dick-read, MD, seorang ahli kesehatan anak dalam bukuChildbirth Without Fear-nya.
Semangat ASI...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO