ASI kurang/seret?

kembali lagi ya saya tidak bosan2 menulis tentang ASI. krn masih byk banget informASI yg salah di masyarakat.. nah, ini nih salah satunya yg paling umum dan paling sering terdengar di telinga yg kadang bikin gatel niy di telinga para ibu yg sedang berjuang menyusui.

ibu baru melahirkan lg capek2nya ngurus bayi, tiba2 oooaaaaa.... bayi nangis kenceng. apalagi ibu baru niy, langsung panik ini bayi kenapa ya? apa ASI sy kurang? ASI kok belum keluar ya? lalu datanglah teman atau saudara atau bahkan nenek si bayi berkata, aduh kasian tuh, ASI nya kurang itu loh minum rebusan katuk, makan bayam, minum obat pelancar ASI, bla.. bla.. bla... itu masih mending ya.. yang sering juga adalah saran utk kasih sufor aja kasian bayinya haus atau kasih pisang aj tuh laper bayinya.... WHAT?? tapiiii... hayooo ibu2 ngaku yg pernah ngalamin... di indonesia kyknya ibu baru hampir 90 % pernah ngalamin minimal dengerlah tentang kasus2 seperti di atas..

cari informASI yg benar ya bunda2 sayang.. jgn panik kl perlu keluarga diajak utk cari informASI yg benar ke tempat dan orang yg tepat. yg paling perlu tentu selain ibu sendiri, suami dan nenek si bayi.
memang pd saat awal kelahiran ASI bisa tidak langsung keluar semua butuh proses krn hormon kehamilan baru menurun utk digantikan hormon prolaktin yg memproduksi ASI. selain hormon prolaktin ini ada juga hormon oksitosin yg berguna utk pengeluaran ASI. nah.... inilah yg dikenal dengan hormon cinta. jadi, bila ibu galau, sedih, panik hormon oksitosin ini mogok juga loooh... inilah yg membuat ASI tidak mau keluar pdhl tetap roduksi alhasil PD jd bengkak dan akhirnya ibu menyerah untuk menyusui.



Ada yg bilang ASI itu cairan yg POSITIF selain positif fungsinya, utk mengeluarkannya jg ibu harus berfikir positif.. itu benar banget... jd kuncinya ibu sabar dan tetap berfikir positif bisa menyusui bayinya. in syaa Allah ASI lancar tanpa hambatan.

ASI adalah anugrah yg Allah berikan langsung dari ibu utk bayinya. jadi, mintalah dan yakinlah bahwa ASI itu akan cukup utk bayi kita pd Allah Sang Maha Pemberi. bukankah Allah bersama prasangka hambaNya, jika kita yakin bisa menyusui dan jgn lupa berdoa in syaa Allah ASI kita cukup kok.... seorang konselor ASI nasional mengatakan bahwa dari hampir 1000 an kasus yg sdh dia tangani tentang ibu yg merasa ASI nya seret/kurang sehingga memberi sufor ternyata hanya 1 orang yg betul2 kasus ASI kurang dan itu juga karena ada penyakit pd hipofise (bagian otak yg mengatur hormon prolaktin dan oksitosin). jadiiiii, yg ratusan kasus lainnya semua adl hanya karena pikiran ibu sj bahwa ASI nya kurang sehingga dapat berhasil meningkat produksi ASI nya setelah mendapati informASI dan cara pemberian ASI yg benar dari konselor menyusui...



lagi pula pada 3 hari pertama yg memang biasanya ASI masih sedikit produksinya, ukuran lambung bayi baru sebesar kelereng hanya menampung sekitar 5ml cairan saja, bayi juga msh punya lemak coklat utk cadangan. jd ibu jgn khawatir dan memaksakan bayi harus minum ratusan mililiter di hari2 awal kelahirannya.
yg perlu dicatat lagi, jangan dengar kl bayi harus gemuk. kita mau bayi kita sehat ya bukan gemuk. selama perkembangannya msh baik di dlm garis pita hijau ibu tidak usah khawatir tetap Pede kasih ASI ya...
 
semangat ASI...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO