Menanam Pohon Literasi

Bismillah...

Membangun keinginan membaca pada anak memang bukan hal yang mudah. Akan tetapi, sesungguhnya minat baca anak dapat dipupuk sejak dini dengan membacakan buku2 bergambar terutama pd anak usia dini memang masih lebih tertarik pd gambar yg berwarna warni. salah satu cara yang bisa dilakukan mungkin adalah dengan membuat pohon literasi, setiap anak membaca buku maka judul buku yang telah dibaca ditempelkan bs berupa daun atau buah pada sebuah gambar pohon.

nah, kali ini saya ajak anak2 berpartisipasi membangun pohon literasi, hanya berupa karton dan diwarnai dengan cat serta krayon akan tetapi kami berharap pohon literasi kami bisa tumbuh subur dengan buah2 dan daun2 yang rimbun. selain membuat pohon literasi, kami mendesain pojok baca mini untuk anak2. rak buku kecil yang diisi buku2 anak diletakkan pd tempat yang mudah diraih anak lalu disediakan kursi2 kecil untuk mereka membaca. Alhamdulillah, dua balita saya sampai tampak serius seperti orang yang sdh mengerti isi bacaan, he3...

hari pertama, si kakak memilih bukunya sendiri. karena si kakak merupakan tipe pembelajar kinestetik auditorik, dia hanya bisa duduk sejenak saja di kursi baca sambil melihat2 halaman buku lalu minta dibacakan. nah, begitu pula saat dibacakan ciri anak yang yang kinestetik akan lebih suka dilakukan percobaan2 dan eksperimen. 

Buku hari pertama yang saya bacakan ke anak2 berjudul MY FIRST WHY.. kumpulan jawaban2 dari pertanyaan2 yg sering dilontarkan anak. si kakak memilih sendiri halamannya dan memilih halaman tentang gelembung sabun, maka sekalian kami lakukan percobaan gelembung sabun.




#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MPASI usia 6 bln (2 minggu pertama tahap pengenalan)

Panduan MPASI Anak Menurut WHO